Cara Mudah Buat Blog Pemula

Melanjutkan Bahasan Cara Mudah Buat Blog Dasar Pemula.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara membuat Blog yang Dasar atau Langkah Awal dalam membuat Blog bagi Pemula. Pada kesempatan yang lain sudah Penulis, jelaskan sebelum memulai untuk membuat Situs gratis atau membuat Blog kita sudah harus mempunyai Bahan yang sudah kita tentukan terlebih dahulu.
1. Akun email
2..Niche Sering di kaitkan antara Judul dan topik tentang induk sebuah Judul dalam Website/
3. Blogger.com atau wordpress/ Joomla dan yang lainnya
4. Artikel Awal/ Tulisan
5. Mendaftarkan Situs/ Web ke Search Engine yang  ada di Internet anatara lain Google Submitsite/Bing dan yahoo,Yandex dll

Point-Point diatas merupakan langkah awal yang akan kita jadikan dasar dalam membuat Situs atau web. untuk yang pertama mungkin akan saya lewati karena untuk membuat akun email sangat mudah dan saya pikir anda sudah memilikinya, dan untuk Niche anda sudah anda tentukan sebelumnya apabila belum silahkan masuk ke Google Trend setelah itu silahan anda masuk ke situs SEMrush.com

Google Trend
di sini anda akan saya arahkan untuk langsung memilih apa saja yang sedang Trend saat ini, dan silahkan pilih dan tentukan oleh anda kata apa yang akan anda ambil sebagai pilihannya atau anda salin semua kata-kata yang ada di bagian tampilan Google Trend ingat untuk memilih Niche untuk Blog anda jangan asal karena akan sangat mempengaruhi pada pokok bahasan dalam menulis artikel kedepannya.

daftartulip.img

seperti gambar di atas anda tinggal menentukan mana yang menurut anda sesuai dengan Ide Niche anda untuk digunakan sebagai Judul Artikel yang menarik. Namun untuk Niche nya sendiri harus menjelaskan apa yang akan anda bahas dalam situs anda agar tidak membatasi pada judul bahasan untuk postingan artikel berikutnya. Apabila anda bingung Google trend hanya sebagai Bahan Judul Postingan Awal Anda. maka jangan salah paham setiap anda akan membuat artikel baru atau postingan baru saran saya harus mencari judul dari google trend, jadi saya anggap anda sudah paham maksudnya mencari Judul Artikel di Google Trend. Sedangan untuk Niche nya sendiri anda masuk ke SEMrush silahkan anda masuk ke Link Semrush.

SEMrush
Pada tampilan pertama anda akan melihat gambar  seperti di bawah ini, yaitu perintah untuk memasukan Domain=adalah nama unik (unique name) yang diberikan untuk mengidentifikasi (to identified) nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet  atau Keywords Artinya Domain adalah Nama URL anda yang akan digunakan selamanya,sampai sini saya harap anda sudah paham. Dapat saya berikan contohnya, seperti alamat situs Blog ini adalah http://daftartulip.blogspot.com. Ok bagaimana sudah anda pahami maksud dan penjelasan di atas. Baiklah bila anda sudah paham silahkan tekan Link masuk ke SEMrush.
Setelah itu anda tentukan atau mulailah anda berkreasi untuk mencari kata-kata yang sesuai dan cocok menurut anda Catatan anda akan dibatasi hanya 10 kali pencarian dalam menu gratis yang disediakan oleh Semrush. Namun jangan khawatir anda bisa mendaftarkan email anda untuk Login kembali ke SEMrush. Masukan kata atau frase yang anda anggap sangat baik dan tepat untuk anda, setelah itu anda masukan dan ketikan pada kolom tampilan yang ada di dalam gambar di bawah. dapat saya contohkan pertama yaitu dengan kata apa saja jika sudah masuk anda lihat di bagian kiri atas DOMAIN ANALYCTIC lalu anda klik Domain Vs Domain


daftartulip.img
Gambar 1
Buat Niche atau Judul yang sangat relevan dengan bidang yang anda minati. Catatan jangan langsung memilih bagian yang lain dalam tampilan di Semrush untuk kali ini Konsentrasilah kepada pencarian Judul Long Tail yang sangat bermanfaat untuk kemajuan Situs anda.
setelah anda masuk anda akan melihat tampilan seperti ini
daftartulip.img
Gambar.2
Coba anda perhatikan untuk No1 pada gambar2 di atas yaitu DOMAIN ANALYCTIC anda gulir ke bawah sampai ke Domain VS Domain No.2 dan anda masukan kata kata untuk penelitian domain anda yang akan dijadikan sebagai Nama Url (domain anda) juga kata kunci yang akan anda gunakan, sebaiknya ada kaitannya antara Domain anda dengan kata kunci yang akan anda gunakan dalam situs anda nanti sehingga akan memudahkan Mesin Pencari akan menemukan kata kunci serta domain anda dengan cepat tentunya akan memberikan suatu peringkat dalam mesin pencarian. contohnya Dadang Dudung Diding akan saya masukan ke dalam kolom pada nomor3 apakah kata kata tersebut layak atau tidak mari kita perhatikan penjelasan dibawah ini terlebih dahulu.

Setelah anda masukan kata keywords atau kata kuncinya serta domain yang telah anda masukan jangan langsung tekan tombol GO ada baiknya anda ngopi dulu atau rehat sambil perhatikan dan coba anda berhayal tentang Pacar Anda hehe maksudnya tentang domain dan keywords anda. serius banget nih....

Baiklah apabila anda sudah selesai ngopinya dan anda yakin bahwa kata-kata yang telah anda pilih sebagai bahan penelitian untuk kata kunci dan nama domain, selanjutnya anda perhatikan bagian yang dilingkari pada nomor 4 disitu ada Organic/Paid/Pla apabila anda akan membuat Blog atau situs yang akan menampilkan Google Adsense (akan saya jelaskan pada artikel lainnya) atau situs anda akan ditelusuri secara Paid pencarian maka anda pilih Paid. kemudian jika anda rasa sudah cukup dan sudah siap untuk melihat hasilnya silahkan tekan GO dan anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini. saya contohkan dengan menggunakan kata-kata versi Dadang Dudung Diding. chek  it out....Catatan jangan mengunakan kata-kata yang saya gunakan, nanti kalo anda gunakan jika anda wanita khawatirnya anda jadi mencari kang dadang hahaha...maaf kang dadang yah,,,dan sebaliknya jika anda pria waduh bahaya tuh bisa-bisa anda tergolong dalam Golongan (LGBT=lontong gehu bala-bala tahu) :) hehee  ok kita serius lagi ke pokok masalah yaitu bagaimana hasil dari kata yang saya gunakan di atas yaitu dadang,dudung,diding jika hasilnya tidak ada Nothing Found berarti anda harus mengulanginya lagi dan apabila tetap tidak bisa anda sebaiknya ikuti langah seperti gambar dibawah ini

daftartulip.img
Dan pastikan langkah-langkah di atas anda ikuti dengan benar karena untuk tahun 2016 fasilitas-fasilitas diluar google sudah banyak yang tidak dapat kita akses secara gratis lagi melainkan kita harus mendaftar dan untuk dapat mengakses fasilitasnya secara gratis kita harus mendaftar terlebih dahulu dan itupun hanya diberi batasan secara TRIAL saja tapi tidak ada ruginya walaupun terbatas kita masih menggunakan dengan semaksimal mungkin seperti penjelasan saya diatas. Untuk mendaftar anda akan diberi kesempatan untuk mencoba melakukan riset penelitian kata kunci dan nama domain. silahkan anda daftar terlebih dahulu setelah itu, lakukan dengan pencarian kata yang benar-benar akan anda jadikan sebagai nama domain anda serta akan anda gunakan sebagai kata kunci yang memudahkan mesin pencarian untuk menemukan kata kunci anda serta nama domain anda sehingga situs anda akan mudah di indek oleh Google dan mesin pencarian lainnya.

Saya pikir bahasan CARA MUDAH BUAT BLOG PEMULA saya cukupkan sampai sini. Dan tidak lupa saya ucapkan terima kasih atas kunjungan anda di blog http://daftartulip.blogspot.com  Untuk para master masukannya dan untuk para pemula silahkan berkomentarlah pada kolom komentar yang sudah tersedia.

wassalam



4 comments

  1. Wah, mantab nih, ane baru mau buat blog, bookmark dulu yah bos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan, bila artikel ini bermanfaat dan terimakasih sdh berkunjung.

      Delete
  2. Thanks gan, template apaan gan, inimah template biasa. Tapi kalau minat masuk ke linknya di atas (header)

    ReplyDelete