15 Cara Mengatasi dan Menghindari HNP Atau Saraf Kejepit

15 Cara Mengatasi dan Menghindari HNP Atau Saraf Kejepit 

Hallo Sahabat Twintulipware..
Sallam Sehat selalu..

Mungkin sahabat Twintulipware semua sudah mengetahui jenis penyakit yang satu ini HNP (Hernia Nukleus Pulposus) atau lebih dikenal dengan Saraf Kejepit dalam bahasa Sunda juga disebut "Ngajenghak" (bhs.daerah). Biasanya keluhan ini terjadi di daerah belakang dari tubuh kita atau di sekitar Pinggang, Punggung dan Leher

Kelenturan serta fleksibilitas gerak tulang belakang tidak bisa dilihat dari tulangnya saja,  melainkan berhubungan dengan tulang belakang beserta sendinya al: lengkungan tulang belakang, bantalan sendi (lumbal) otot dan jaringan pengikat (ligamen) serta jaringan saraf yang berhubungan dengan tulang belakang.

Indikasi awal HNP atau Saraf Kejepit serta tanda yang dapat dirasakan oleh penderitanya yaitu nyeri leher, keterbatasan ruang gerak leher dan jika dipaksakan akan menimbulkan sakit, nyeri punggung bagian atas, tengah dan bawah dan biasanya disertai penyebaran rasa sakit ke anggota tubuh lainya.

Artikel Kesehatan dalam postingan kali ini yaitu 15 Cara mengatasi dan menghindari HNP atau Saraf Kejepit, dipublikasikan kepada Sahabat Twintulipware karena Admin Daftartulip sendiri mengalaminya sejak tahun 2000 hingga sekarang. 

Dengan tujuan membagikan serta menyebarkan pentingnya memperhatikan kesehatan tulang belakang

Seperti juga Admin Daftartulip saat ini sedang mengalami keterbatasan Ruang Gerak Tubuh akibat HNP atau Saraf Kejepit yang sangat mengganggu aktifitas sehari-hari.

Jika Anda pernah mengalami atau saat ini menderita keluhan seperti susah bergerak dan terbatas menggerakan anggota badan Anda, hal ini perlu di periksakan ke dokter anda terebih dahulu, belum tentu Anda mengalami dan menderita HNP atau Urat Kejepit.

HNP Atau Urat Kejepit sering kali disebabkan oleh aktifitas gerak tubuh yang tidak sesuai dengan kemampuan salah satu fungsi saraf saat mengharuskan tubuh mengikuti perintah dari otak kita, Artinya setiap aktifitas ringan sekalipun bila dipaksakan memungkinkan akan menimbulkan peluang terjadinya HNP atau Urat Kejepit.

Amp.daftartulip.img
Image Pixabay.com

HNP atau Urat Kejepit biasa terjadi akibat salah posisi saat Anda melakukan suatu aktifitas antara lain dapat Admin Contohkan seperti berikut di bawah ini:

1. Mendorong Beban Berat
Saat mengharuskan mendorong beban yang berat usahakan beban tidak bertumpu ke seluruh bagian punggung, sebaiknya menggunakn alat bantu lain yang bisa Anda gunakan. Sehingga Anda terhindar dari HNP atau Saraf Kejepit

2. Batas Lentur Tubuh.
Adakalanya Anda ketika bekerja ataupun para pelajar di bangku sekolah memaksakan untuk mengambil ballpoint atau kertas yang jatuh di belakang tempat duduk, dengan cara  memaksakan pinggang anda memutar lebih dari batas kemampuan dan kelenturan tubuh Anda saat mengambilnya akan mengakibatkan cedera pada ligamen serta saraf belakang yang tertekan oleh bantalan tulang (Lumbal) hal ini disebut HNP atau Saraf Kejepit.

3. Mengangkat Beban.
Ketika Anda bekerja dengan menggunakan alat kerja yang baik hal ini akan menghindarkan dari HNP atau Saraf Kejepit. Jika Anda mengangkat beban yang berat usahakan posisi punggung Anda tidak membungkuk, melainkan dalam posisi jongkok terlebih dahulu.

4. Jatuh
Sering terjadi pada kita saat kita naik pohon atau lainya, dan sering terjadi pada anak-anak ketika bermain sepeda. Saat jatuh biasanya bagian saraf tubuh kita refleks merespon dari otak kita untuk meyeimbangkan tubuh kita, namun hal ini dapat menimbulkan perubahan atau pergeseran otot secara tiba-tiba yang dipaksakan sehingga berpeluang menimbulkan serta menjadi gejala awal terkena HNP atau Saraf Kejepit
Usahakan jangan di urut lebih baik diberi gel penghangat Agar saraf dan otot kembali pada posisinya.

5. Terpeleset
Kejadian ini biasanya terjadi saat tubuh kita tidak siap melakukan penyeimbangan berat tubuh dengan posisi yng aman ketika kita terpeleset, hal ini berpeluang besar menjadi gejala yang mengakibatkan kita terserang HNP atau Saraf Kejepit.

6. Benturan
Benturan terjadi akibat tabrakan atau terdorong oleh benda yang keras sehingga merubah bantalan tulang belakang kita sering di sebut dengan Lumbal, jika ini terjadi kepada kita cara pertama untuk mengatasinya, kompres dengan air hangat pada bagian yang terasa sakit, atau parut jahe merah dan tempelkan di bagian yang terasa sakit untuk mengembalikan bantalan tulang pada posisinya sehingga saraf kembali pada ruang gerak bebasnya tanpa tekanan dari bantalan tulang ataupun lainya.

7. Posisi Duduk
Jika Anda seorang pekerja yang melakukan Aktifitasnya lebin banyak statis, duduk lama berjam-jam di depan komputer usahakan setiap 15 menit untuk berdiri dan menggerakan seluruh bagian tubuh Anda, dengan cara ini tulang belakang anda tidak akan mengalami cedera saat berdiri setelah duduk berjam-jam. Serta dapat terhindar dari HNP atau Saraf Kejepit.

8. Pola Tidur
Kebiasaan tidur yang baik yaitu dengan mengatur waktu secara teratur, usahakan ketika tidur posisi tubuh Anda harus nyaman, tidak memaksakan tidur di tempat yang sempit atau terbatas untuk pergerakan tubuh saat anda tidur.

 9. Media Untuk Tidur
Selain itu pemilihan kasur atau media yang digunakan kita untuk merebahkan tubuh kita harus yang dapat menopang punggung dan seluruh bagian tubuh. Saran untuk kasur lebih baik yang mampu menahan berat badan kita sehingga tidak merubah posisi tulang belakang kita.

10. Kebiasan Di Urut
Hindarkan kebiasan mengurut pada bagian punggung bawah hingga ke tengkuk leher, hal ini dapat menimbulkan resiko yang sangat tinggi terjadinya HNP atau Saraf Kejepit akibat pengurutan yang berpotensi akan merubah posisi otot atau bahkan saraf belakang.

11. Olahraga yang tidak terprogram
Dengan olahraga yang baik serta sesuai dengan aturan serta petunjuk, lakukan dengan benar, karena olahraga di sini adalah seluruh dari jenis kegiatan yang melatih dan membiasakan kelenturan otot dari gerak tubuh, maka bila dilakukan tanpa bimbingan  hal ini juga berpotensi HNP atau Saraf Kejepit akan menyerang punggung Anda. 
Saran Olah Raga terbaik untuk penguatan saraf belakang serta Punggung dan Organ-organ tubuh lainya yaitu dengan Olahraga Renang.

12. Merokok
Secara medis kebiaasan merokok lebih cenderung dapat mengakibatkan kerusakan pada organ jantung, saluran pernapasan serta paru-paru kita, namun perlu anda garis bawahi bahwa dengan banyaknya kandungan kimia dalam asap rokok yang kita hisap akan menimbulkan kerusakan pada saraf punggung dan tulang punggung anda. Hindarilah atau kurangi jika mampu hentikanlah kebiasaan merokok Anda, HNP atau Saraf Kejepit tidak hanya karena efek dari benturan saja. Untuk kandungan kimia rokok silahkan dapat anda cari dari referensi lainnya. 

13. Aktifitas Posisi Hubungan Intim Yang Salah.
Biasanya hal ini terjadi ketika kita lebih merasakan stimulan dari hubungan intim yang Anda lakukan saja, tanpa memperhatikan posisi yang baik ketika melakukan aktifitas ini. Usahakan untuk beraktifitas dengan kondisi tubuh yang fit dan fresh serta hindarkan hal-hal yang akan menimbulkan HNP atau Saraf Kejepit dari aktifitas ini.

14. Menarik Beban
Dengan tanpa sadar apabila anda menarik sesuatu benda tidak dengan tumpuan yang baik atau peganggan yang baik ini akan memindahkan seluruh beban suatu benda atau barang ke punggung Anda oleh karena itu gunakan alat bantu atau posisikan tubuh anda pada kondisi yang nyaman saat menarik beban.

15. Stress
Stress adalah suatu kondisi Jiwa dan mental baik psikis seseorang terbebani & tertekan oleh keinginan dan harapan dari suatu keadaan baik yang timbul dari diri sendiri atau dari pihak-pihak luar serta lingkungan disekitarnya. Sehingga akan memberikan stimulan negatif pada gerak & prilaku juga pola pikir penderita stress. 

Kaitannya dengan HNP atau Saraf Kejepit, Stress sangat berkaitan sekali, admin daftartulip bisa contohkan,  apabila Sahabat Twintulipware mendapat tugas dari atasan anda dengan target suatu pekerjaan yang harus anda lakukan ataupun deadline waktu yang sempit tentunya akan memaksa  pola tidur, gerak tubuh, dan pola pikir Anda semakin tidak teratur bahkan sering diluar kendali normal pada kemampuan otak serta tubuh pada saat harus melakukan suatu harapan yang wajib dilakukan di bawah tekanan. 

Sejauh ini stress yang dicontohkan dapat dikatakan stress yang positif, karena akan mampu melakukan pekerjaan sesuai perintah dan tuntutan pekerjaan, walaupun pada dimensi lain akan berpotensi menimbulkan efek gerak tubuh ataupun kelenturan tubuh akibat ketegangan akibat  dari tekanan yang sangat kuat (extra)  mengharuskan seluruh tubuh dan pikiran Anda mengabaikan kondisi kesehatan juga pola gerak tubuh sehingga HNP atau Saraf Kejepit berpotensi terjadi pada punggung Anda.


Seperti keterangan di atas merupakan hal-hal yang berhubungan dengan 15 Cara Mengatasi dan Menghindari HNP atau Saraf Kejepit.

HNP atau Saraf Kejepit, dapat Anda hindari dan dapat Anda atasi dengan cara-cara seperti di atas. 

Akan tetapi bila Anda ingin memastikan bahwa Anda mengalami HNP atau Urat Kejepit secara Medis sebaiknya Anda melakukan MRI (Magnetic Resonance Imaging) terlebih dahulu semacam foto scan Anggota tubuh yang dapat memberikan gambaran secara jelas baik pada bagian-bagian otot hingga pada bagian-bagian saraf-saraf halus bila mendapatkan suatu perubahan dari kondisi normalnya.

Biasanya dokter menyarankan para penderita HNP atau Saraf Kejepit untuk melakukan Fisioterapi.
Fisioterapi : Rehabilitasi anggota tubuh berkaitan dengan fungsi gerak supaya terhindar dari cacat fisik dengan metode pemanasan, pelenturan serta penarikan dan sebelumnya melalui proses diagnosis, hingga tindakan yang sesuai dan harus dilakukan terhadap fungsi gerak tubuh penderita HNP atau Saraf Kejepit.

Amp.daftttulip.img
Image pixabay.com


Demikianlah artikel 15 cara mengatasi dan menghindari HNP atau Saraf Kejepit.


Semoga artikel ini dapat menjadi referensi terbaik bagi pembaca blog daftartulip pada umumnya, dengan harapan dapat memberikan manfaat dalam menjaga kondisi kesehatan tubuh sahabat Twintulipware semuanya tidak mengalami HNP atau Saraf Kejepit.

Terimakasih telah berkunjung ke blog daftartulip yang sederhana ini dan masih terlalu banyak kekurangannya, untuk itu saran serta kritikan bagi admin daftartulip sangat dibutuhkan guna perbaikan serta pembelajaran dalam penyajian artikel yang lebih baik.

Bila ada pertanyaan serta sanggahan ataupun koreksian terhadap artikel 15 cara mengatasi dan menghindari HNP atau Saraf Kejepit, silahkan sampaikan pada kolom komentar yang telah disediakan dengan bahasa yang baik serta diskusi yang bermanfaat.


Wassalam
daftartulip.blogspot.com

0 komentar

Post a Comment