Bayam dan 19 Manfaatnya Sebagai Obat

ARTIKEL MANFAAT BAYAM YANG BENAR!
Twintulipware daftartulip.img
Foto: Dok. Pribadi
Siapa yang tidak mengenal Popeye? 
Yah benar tokoh dalam kartun yang menceritakan seorang pelaut yang mempunyai kelebihan dari tubuhnya dalam seketika juga jika dia telah memakan bayam.

Dalam Artikel ini admin daftartulip akan memberikan sedikit penjelasan manfaat serta kandungan dari tumbuhan Bayam. Terkadang kita sering melupakan kepada hal-hal kecil dan selalu mencari hal hal yang baru dan informasi terbaru, akan tetapi hal yang belum jelas manfaatnya serta faedahnya Anda sibuk mencarinya. Ini akibat dari kejenuhan ataupun kebosanan yang dialami oleh seseorang sehingga memberikan respon pada otak kirinya untuk mencari hal-hal yang baru. Seperti bayam apakah sahabat Twintulipware sudah lupa atau mungkin masih ada yang belum tau benar manfaat dan kelebihan tumbuhan ini?  Atau dianggap tumbuhan bayam yang dapat dijadikan macam-macam olahan makanan ini, sudah kuno atau gak level ataupun makanan murahan bagi Anda?

Bicara jenuh dan bosan juga selera hal ini, tidak lepas dari gaya hidup seseorang dalam menyikapi dari keseluruhan pola hidupnya antara lain pola makan dan pola hidup lainya. Berkaitan dengan judul artikel di atas yaitu "Bayam dan 19 Manfaatnya Sebagai Obat" manfaat bayam yang sudah dilupakan, sebenarnya sangat berhubungan dengan pola makan dalam gaya hidup Anda. Sehingga manfaat bayam yang sangat besar dari tumbuhan ini tidak pernah Anda perhatikan lagi.
Bayam merupakan tumbuhan yang mudah tumbuh di daerah topis dan subtropis dan sangat kuat pada iklim sehingga tidak terlalu sulit untuk membudidayakan tumbuhan ini, kecuali serangan hama dapat menggunakan obat atau anti hama yang dianjurkan di bawah ini 
Sehingga Anda dapat dengan mudah untuk menanam tumbuhan bayam di pekarangan rumah Anda.
Baca Juga Artikel: 6 Tanda Tanda Ginjal Anda Rusak, Kenali dan Cegah Dari Sekarang!

Beberapa bagian yang dapat dimakan oleh kita antara lain daun dan batang lunak yang dapat dimakan baik sebagai lalapan mentah segar, direbus, dikukus, digoreng, seperti sup, direbus, dibubur pucuknya, dan akar digunakan sebagai tepung.
Nilai-nilai dan kandungan gizi pada Bayam;
1.Beta-karoten: pada daun bayam
2.Vitamin E: pada tunas
3.Riboflavin: pada daun dan biji 
4.Asam folat: pada daun sangat besar
5.Asam askorbat: pada daun dan pucuk sangat besar 
6.Kalsium: pada daun & biji sangat besar
7.Besi: pada daun & biji sangat besar
8.Protein: 2-4% pada tunas. 
9.Daun pun mengandung juga betacyanin (amaranthine) dan asam oksalat (ca. 0,5%). 
10.Biji kaya beta-sitosterol dan pitosterol dan masih banyak kandungan lainya.
Di atas merupakan kandungan dan nilai gizi pada bayam. 
Sedangkan untuk manfaat bayam secara umum sahabat Twintulipware sudah mengetahuinya kan?
Baca Juga Artikel: 99% Kamu Lebih Disukai Para Pria, Mau Tau Rahasianya?

Syukur  Alhamdulillah jika sahabat semua sudah mengetahuinya dan di bawah ini danoes akan sampaikan manfaat yang mungkin dapat menambah wawasan kita tentang manfaat bayam sebagai obat atau terapi kecantikan sebagai berikut:
1. Obat asma
Untuk mengobati Asma gunakan bayam jenis bayam duri nama latin dari jenis ini Amaranthus Spinosus mengandung Amarantin, rutin, kalium, nitrat, pindoksin, zat besi, garam fosfat,vit A, C, K. Caranya ambilah batang bayam duri yang muda sebanyak 7 (tujuh) batang, selanjutnya daun dan biji-bijiannya anda rebus dengan menambahkan 5 (lima) gelas air selama 8 (delapan) menit diminum 3 (tiga) kali sehari untuk bayi dua sendok saja dan untuk anak-anak ½ (setengah) gelas sedangkan orang dewasa 1 (satu) gelas.
2. Obat eksim
Rebuslah daun bayam secukupnya selama 7 (tujuh) menit, kemudian angkat masukan alat kompres seperti handuk kecil biarkan beberapa menit agar air rebusan menyerap dan kompres eksim tersebut dengan lap tadi, lakukan sehari sekali selama 20 (dua puluh) menit.
3. Obat bronkhitis & demam
Sebagai obat bronkhitis dan demam ambil sari bayam dengan cara dihaluskan dengan cara ditumbuk atau di blender, ambil sari perasan air bayam selanjutnya tambahkan madu. Dan dapat diminum 3 kali sehari sebanyak 1 (sendok) makan
4. Perawatan muka
Ambil sari bayam dengan cara diblender dan diperas ambil air sari bayam tadi dan tambahkan kunyit, perawatan ini aan menghasilkan kulit wajah yang cerah 
5.Perawatan kulit kepala
Gunakan bayam secukupnya kemudian Anda tumbuk atau diblender selanjutnya Anda saring dan ambil sarinya, caranya oleskan sari bayam tersebut pada seluruh kulit kepala anda biarkan hingga meresap setelah 5-10 menit bilaslah dengan air bersih.
6.Perawatan rambut
Gunakan bayam secukupnya kemudian Anda tumbuk atau diblender selanjutnya Anda saring dan ambil sarinya, caranya oleskan sari bayam tersebut pada seluruh rambut Anda biarkan hingga meresap setelah 5-10 menit bilaslah dengan air bersih.
7. Mencegah timbul jerawat
Sari bayam dapat ditambahkan dengan kunyit kemudian oleskan pad seluruh wajah Anda selama lima menit, selanjutnya dibilas dengan air bersih.

8. Melembabkan kulit kering.
Untuk mendapatkan kulit wajah yang lembab alami gunakan sari bayam dan tambahkan madu selanjutnya Anda oleskan keseluruh muka secara merata biarkan selama 5 (lima) menit kemudian Anda bilas dengan air dingin.
9. Menghilakan kerutan/ penuaan dini
Ambilah bayam dan Anda bersihkan, kemudian buatlah bayam menjadi jus, cara menggunakannya usapkan dengan menggunakan kapas gosok secara perlahan pada sekitar kelopak mata, dahi dan seputar pinggir bibir. Lakukan cara ini setiap bangun pagi dan menjelang tidur selama 5 (lima) menit. Kemudian bilaslah  air dingin. Terapi ini akan menghasilkan kulit Anda menjadi kencang 40% hingga 60%.
10. Baik untuk pencernaan
Bayam direbus matang jangan terlalu lembek tambahkan cuka secukupnya dan kemudian Anda santap sebelum tidur coba rasakan khasiatnya.
11. Menghilangkan Pektay/ keputihan
Ambil daun bayam yang masih muda kemudian Anda rebus dengan 2 (dua) gelas air ± 5 (lima) menit angkat dan tambahkan madu diminum 2 (dua) kali sehari di waktu pagi dan menjelang tidur.
12. Menjadikan Tulang Lebih Kuat
Kandungan vitamin K dan Zat besi yang sangat tinggi pada bayam sangat berkhasiat untuk memperkuat tulang Anda. 
13. Mata
Bayam memiliki kandungan vitamin A, tidak hanya bermanfaat untuk mata. Vitamin A pada bayam juga dapat berfungsi sebagai salah satu komponen yang prosuksi limfosit, atau sel darah putih. Dimana sel darah putih ini mampu memerangi penyakit atau infeksi yang menyerang tubuh. 
15. Mencegah Tukak lambung & Sembelit
Ambilah bayam yang sudah dicuci kemudian Anda blender selanjutnya peras dan ambil air perasan bayam tadi tambahkan madu cara ini dapat mencegah terjadinya sembelit dan tukak lambung.
16. Mengobati Lever
Ambil bayam secukupnya kemudian Anda blender sehingga menjadi jus tambahkan madu sebagai pemanis seain itu pila agar memberikan efek yang baik pada stamina Anda.


17. Mencegah Anemia
Mengkonsumsi bayam sangat dianjurkan bagi beberapa orang yang memiliki masalah dengan anemia atau kekurangan sel darah merah. Kandungan zat besi pada bayam membantu proses pembentukan sel darah merah yang berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.
18.Baik Untuk Orang Hamil
Ibu hamil biasanya akan mudah merasa lemas karena kekurangan darah merah. Asam folat dan zat besi dalam bayam sangat akan memberikan kestabilan darah ibu hamil dan janinnya. Asam folat dapat membantu fungsi otak jabang bayi sejak dalam kandungan. Zat besi pada bayam dapat membentuk sel darah merah, Asupan nutrisi dan zat besi bagi orang hamil harus selalu tercukupi.
19. Kanker dan diabetes
Kandungan gizi pada bayam dapat menurunkan resiko serangan kanker dan diabetes  serta kandungan kolesterol (masih sebatas pada hewan) anti-diabetes pada hewan dan merubah berat kolesterol pada hewan cara kerjanya yaitu meeubah kolesterol dalam tubuh menjadi koprostanol yang kemudian dibuang keluar tubuh. Sedangkan bayam berkhasiat anti-diabetes adalah kandungan mangan dari bayam (Mn)

Baca Juga Artikel: Obat Jerawat Tradisional Paling Ampuh!
Demikianlah kandungan gizi serta manfaat bayam sebagai obat dan perawatan bagi kesehatan tubuh Anda. Dan untuk kondisi tertentu bayam bisa menjadi racun yang mematikan, oleh karena itu jangan pernah memasak ulang bayam yang sudah diolah karena akan membahayakan untuk kesehatan Anda. Akhirnya saya ucapkan terimakasih telah berkunjung ke blog daftartulip dengan postingan yang berjudul "Bayam dan 19 Manfaatnya Sebagai Obat". Semoga bermanfaat
Wasalam.

Foto:

Sumber:
https://avrdc.org/amaranth-amaranthus-spp/

0 komentar

Post a Comment